10 Maret, 2010

LAPORAN DARI OKINAWA: 2010 Int'l Chief Instructor Gasshuku (IOGKF)

INT'L IOGKF CHIEF INSTRUCTOR GASSHUKU
FEB 1-5, 2010 OKINAWA-JAPAN


I O G K F INT'L CHIEF INSTRUCTOR GASSHUKU
tidak kurang dari 35 negara hadir, INDONESIA (Denny Mahardani) duduk di baris ke-3, lima dari kiri


Event ini dihadiri oleh 60 peserta dari 35 negara; taraf dari gasshuku ini termasuk yang tertinggi di organisasi IOGKF, karena hanya Country Chief Instructor yang berafiliasi ke IOGKF dan yang memiliki tingkatan Goju-Ryu DAN V IOGKF ke atas saja yang diperkenankan mengikuti rangkaian seminar dan latihan. sensei DENNY MAHARDANI, dari INDONESIA dengan dukungan dari SUMITOMO CORP, Kementrian ESDM, Yayasan Puri Cikeas/Sekolah Alam Cikeas dan FORKI Jakarta Utara juga berkesempatan menghadiri event ini dan mengikuti semua rangkaian latihan termasuk mengikuti ujian DAN IV Int'l Goju-ryu..Sensei MORIO HIGAONNA - 10TH DAN memimpin langsung semua latihan di setiap levelnya, dengan seorang instruktur tamu (senior) yaitu sensei SHUICHI ARAGAKI - 10TH DAN, penasehat tehnik IOGKF Int'l.


SENSEI SHUICHI ARAGAKI - 10TH DAN, mendemonstrasikan KANSETSU-GERI di usianya yang ke 85 tahun...beliau adalah legenda hidup GOJU-RYU, murid langsung dari pendiri aliran GOJU (CHOJUN MIYAGI) yang sekarang menjabat sebagai IOGKF Int'l Honorary Technical Advisor


sensei ARAGAKI berusia 85 tahun, dan mendedikasikan hampir seluruh hidupnya dengan berlatih Karate, namun hal yang paling membanggakan adalah bahwa beliau adalah murid langsung dari pendiri aliran GOJU (CHOJUN MIYAGI) yang masih hidup dan aktif di karate Goju-Ryu hingga saat ini. Sensei ARAGAKI juga menyempatkan berdialog dengan para karateka yang hadir dan menceritakan pengalaman beliau berlatih Karate di masa lampau, pada waktu itu semua murid sensei CHOJUN MIYAGI harus menyapu dan mengepel lantai tempat mereka berlatih, mencuci sendiri pakaian mereka dengan tangan, dan hal yang paling utama adalah bahwa mereka amat sangat menghormati sensei mereka.

..sesaat setelah menyelesaikan ujian DAN IV di dojo HONBU IOGKF - OKINAWA..

(duduk/kika)
IOGKF INT'L GRADING PANEL/SENSEIS:
BAKKIES LAUBSCHER-8TH DAN, MORIO HIGAONNA-10TH DAN, KAZUO TERAUCHI-8TH DAN

(berdiri/kika) COUNTRY CHIEF INSTRUCTORS:
BELGIA, ISRAEL, RUSSIA, INDONESIA



sensei HIGAONNA menekankan latihan pada elemen2 utama dalam sistem Goju-Ryu. Kaishugata (kata GO dan JU) di setiap level, Heishugata (kata pernafasan), termasuk melakukan Sanchin Shime yang benar, Kakie, Ude Tanren dan Sandan Uke harai juga banyak dibahas....sensei juga menerangkan bahwa Heishugata, Kaishugata dan Hojo-Undo (supplementary exercices) adalah 3 pilar utama yang harus dilatih terus-menerus untuk dapat mencapai pemahaman dan inti dari sistem Goju-Ryu. Sensei pun menambahkan bahwa karate bukan hanya soal tehnik, namun juga menyangkut kepribadian serta sikap saling menghormati antar sesama manusia, termasuk kita harus mendengarkan senior kita, dimana pengalaman mereka merupakan ilmu bagi kita. Kita harus membiasakan diri untuk selalu bersikap rendah hati, menunjukkan sikap hormat kepada sensei kita, kepada sesama karateka, bahkan hormat kepada murid kita dan semua yang ada di sekitar kita. Sikap Hormat, Kerendahan Hati, Latihan keras = Goju-Ryu.

sensei MORIO HIGAONNA 10TH DAN (IOGKF Int'l Chief Instructor)
memimpin latihan untuk senior......'MO ICHI DO!!'


Sesi latihan terasa melelahkan dan begitu banyak pengulangan di gerakan-gerakan tertentu dalam suatu Kata, sensei pun menekankan bahwa pengulangan detil-detil gerakan dalam sebuah kata sangatlah penting untuk mencapai kesempurnaan kata secara menyeluruh dengan mengambil contoh bagaimana sensei Chojun Miyagi, pada masa mudanya berlatih kata SESAN dan bagaimana beliau mengulang dan terus mengulang gerakan demi gerakan tersebut - jauh lebih banyak dari apa yang kita lakukan di Gasshuku ini! Sensei juga menceritakan bagaimana pada masa akhir hidupnya sensei Chojun Miyagi lebih menyukai SHISOCHIN dan melanjutkan bahwa sensei ANICHI MIYAGI pun berlatih SESAN dahulu, dan baru kemudian SHISOCHIN, dimana pada Budosai tahun 1981 beliau memperagakan kata tersebut dengan begitu indahnya dan membuat semua yang menyaksikan menarik nafas dan berdecak kagum.

Sensei juga mengundang para tokoh-tokoh Goju-Ryu pada saat Welcome Party. Ia berharap suatu hari, semua perguruan Goju-Ryu mampu bersatu dan mempertahankan budaya dan tradisi Goju-Ryu.

Sebelum latihan pagi dimulai, semua peserta Gasshuku diundang untuk menghadiri dan mengikuti seminar ZEN oleh Sogen Sakiyama Roshi. Sakiyama Roshi adalah master/pendeta ZEN yang usianya sudah 90 tahun dan pada masa mudanya juga pernah berlatih Goju-Ryu dengan sang pendiri Goju, sensei Chojun Miyagi. Intisari dan hal yang menarik dari seminar tersebut adalah, bahwa hidup ini adalah tekun melakukan hal-hal yang kita percayai dan yakini, bukan bertanya-tanya mengapa kita harus terus melakukannya. Dan hanya dengan cara itu kita akan memahami hal-hal yang baik tentang apa yang kita lakukan dan jalani. apabila filosofi ini dihubungkan dengan Karate, maka berarti - latihan, latihan dan terus latihan dan suatu hari kita akan menemukan arti pentingnya Karate dalam hidup kita.


TETSUJI NAKAMURA (6TH DAN), DANIEL MAHARDANI (4TH DAN), SHUICHI ARAGAKI (10TH DAN)

CI GASSHUKU MINUTES-MEETING:

Members present (Senseis):
Morio Higaonna (Okinawa), Bakkies Laubscher (South Africa), Kazuo Terauchi (Japan), George Andrews (England), Bernard Cousin (France), Ernie Molyneux (England), Henrik Larsen (Denmark), Luis Nunes (Spain), Jorge Monteiro (Portugal), Tetsuji Nakamura (Canada), Raoul Vogel (Austria), Danny Meisler (Israel), Bjorn Jonzon (Sweden), Lars Andersen (Sweden), Victor Popa (Romania), Cristian Lambrea (Romania), Peter Lembke (Germany), Ferenc Szigetvari (Hungary), Gene Villa (USA), Patrick Curinckx (Belgium), Moises Villegas (Mexico), Amankeldi Karman (Kazakhstan), Bogdan Kurilko (Russia), Paulo Spongia (Italy), Tomasz Siewkowski (Poland), Panasiuc Victor (Moldova), Vasylchuk Denys (Ukraine), Sowyamrooraj Dangol (Nepal), Daniel Mahardani (Indonesia).


Words from Higaonna Sensei: Higaonna Sensei thanked everybody for attending CIG in such an economically difficult time. The main goal for this gasshuku is for chief instructors to understand the details of kata, as well as deepening our friendship.

From Administrative Office by Tetsuji Nakamura:


Higaonna Sensei’s Teaching Fee (US$2,500 per day), From this year, Higaonna Sensei’s teaching fee is US$2,500 per day and no 30% profit.

China Research Trip Report


Goju-Ryu instructor in Fuzhou, Fuzhou Karate-Do Association is ready to open a karate dojo, and is requesting the IOGKF to send an instructor. The Fuzhou Sports School wants to start a karate class as a part of their curriculum, and is asking the IOGKF to send an instructor. There are a few candidates who can visit Fuzhou for a month or two to teach karate. Higaonna Sensei is visiting Fuzhou again in April this year.

Visiting Tiger, White Crane, Bird Style, Higaonna Sensei visited local Tiger and White Crane Styles. Goju-Ryu has a lot of influence from the Tiger style, as well as the White Crane and Rohan Styles.

Black Belt Certificates, There won’t be any names printed in English script on the certificates. It will be up to the Chief Instructor to print the names in their local language on the black belt certificate.

IOGKF International Newsletter, The IOGKF International Newsletter is free for everybody through the IOGKF Int’l website.

New member country (Nepal)


2010 Higaonna Sensei’s Schedule Higaonna Sensei will travel more often in the next two years to individual countries to promote Budosai 2012.

Higaonna Sensei’s Biography Higaonna Sensei has given permission to T. Nakamura to write his biography. T. Nakamura has asked IOGKF senior instructors to write their memories with Higaonna Sensei and send them to him. The goal for publication is Higaonna Sensei’s 75th birthday.

Upcoming events
The following events were promoted by their organizers:
Miyagi Chojun Festival 2010 USA by Gene Villa

European Gasshuku, 2010 Denmark by Henrik Larsen

CIG, World Gasshuku, World Tournament 2010 South Africa by Bakkies Laubscher

Miyagi Chojun Festival 2011, Mexico by Moises Villegas

Tournament Rules (Gene Villa, USA) Gene Villa proposed that the IOGKF have an irikumi go tournament including takedowns and ground fighting. These rules were used at the World Budosai in1998. As mixed martial arts are getting more popular, it will make the IOGKF more appealing to the younger generation since Okinawan Goju-Ryu has all the techniques within. There were concerns that other full contact fighters who don’t practice Goju-Ryu would compete and win, and there is a safety issue. Ernie Molyneux advised to try the rules in the local level first and refine the rules before bring it to the international level.

Bakkies Laubscher proposed to freeze the affiliation fee to US$2,000 due to the world economy crisis. T. Nakamura agreed as IOGKF financial status is now much healthier than before.


Tidak ada komentar: